Rabu, 17 Agustus 2011

Memilih Oli Pelumas Yang Baik


TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia, apakah cocok buat mesin kendaraan anda ? Sebelum masuk kesitu coba kita ulas sedikit mengenai fungsi dari oli pelumas yang anda pakai tiap saat di mesin kendaraan mobil atau motor anda.


Langkah awal yang tepat untuk merawat mesin kendaraan bermotor adalah bagaimana memilih dan menggunakan pelumas/ oli yang baik dan cocok dengan type kendaraan bermotor anda mengingat pelumas adalah satu bagian terpenting dari komponen yang diperlukan setiap kendaraan bermotor.

Selain sebagai pelumas, fungsi oli yang juga perlu kita ketahui dan sangat penting adalah sebagai pelindung dari karat, pendingin, bahkan sebagai pembersih dan penutup celah ada tiap dinfing mesin yang dilaluinya. Oleh karena itu oli sangat penting peranannya didalam teknik perawatan  mesin kendaraan bermotor. TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia saya rasa mengerti akan kebutuhan tersebut. Namun sebelum membelinya simak dulu keterangan lebih lanjut dibawah ini.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kita membeli oli pelumas apakah yang oli sintetis atau biasa saja. Kenalilah type kendaraan anda, dimana biasanya anda menggunakan kendaraan bermotor ini juga akan berpengaruh pada suhu, kelembaban serta usia dari oli yang akan dipakai nantinya. Sangat-sangat banyak pilihan oli saat ini, oli sintetik maupun oli mineral dan semi sintetik banyak beredar dipasaran, dan semuanya biasanya memang digunakan untuk type kendaraan dan medan yang dilalui kendaraan tersebut.

JIka anda perhatikan bahwa ditiap kemasa oli pelumas baik sintetik atau bukan anda bisa menemukan kode di kemasanya SAE, apa sih SAE itu ? SAE adalah singkatan dari Society of Automotive Engineers. Lalu angka yang mengikuti dibelakang adalah menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. Misal SAE 40 atau SAE 15W-50, semakin besar angka yang mengikuti Kode oli akan menandakan bahwa akan semakin kental oli tersebut.

Lalu huruf W yang terdapat dibelakang angka awal adalah singkatan dari Winter. SAE 15W-50, artinya bahwa oli tersebut mempunyai tingkat kekentalan SAE 15 untuk kondisi suhu yang dingin serta SAE 50 pada kondisi suhu panas.

Lalu type oli manakah yang sebaiknya kita beli ? Apakah oli sintetik atau oli mineral ?  jika butuh oli sintetik, TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia saya rasa patut anda pertimbangkan, semua oli pada prisipnya sama sama standar API nya. Jika mesin anda merupakan mesin-mesin terbaru (turbo, supercharger, dohc, dsbnya) sebaiknya anda menggunakan oli sintetik, oli sintetik tidak disarankan untuk mesin-mesin yang berteknologi lama dimana biasanya celah antar part mesin sangat besar sehingga akan lebih boros nantinya jika menggunakan oli sintetik.

Nah tiba saatnya merke oli sintetik yang baik apa ya? di Indonesia ada beberapa jenis oli sintetik yang beredar di pasaran, tidak ada salahnya jika anda mencoba TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia.

1 komentar: