Rabu, 17 Agustus 2011

Tentang Oli Sintetik


Berbicara mengenai jenis oli yang satu ini (Oli Sintetik) seakan kita dibawa ke teknologi pembuatan oli terkini, namun apakah anda sudah mengerti lebih jauh mengenai jenis oli  tersebut, dan apakah motor atau mobil anda perlu menggunakan oli sintetik ini ? marilah kita sedikit ulas tentang keunggulan dari oli sintetik.

Namun sebelum itu coba kita lihat dulu bahwa ditinjau dari bahan dasarnya, oli bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu oli mineral dan oli sintetik. Pada prisipnya keuda oli ini sumbernya tetap masih sama yaitu dari minyak bumi. Tapi oli sintetik adalah hasil pengolahan khusus dari mata rantai minyak bumi tersebut.

Kelebihan oli sintetik dibanding oli mineral adalah kinerja yang lebih bagus dikarenakan tingkat oksidasinya berjalan lambat sehingga penguapan yang terjadi relatif lebih sedikit. Tingkat gesekan antara komponen yang bergerak di mesinpun juga berkurang dikarenakan lapisan film dari oli sintetik ini jauh  lebih bagus dibanding jenis oli lainnya.


Ukuran molekul dari oli sintetik cederung sama atau konstant sehingga daya tahan dari oli ini akan lebih baik dibanding oli lainnya. Perlu diketahui bahwa bahan dasar oli sintetik yang paling umum adalah gas ethylene yang kondisinya mirip dengan air murni yang bisa diperoleh dari penyulingan sehingga gas ini tidak menganding dan membawa kotoran seperti kondisi oli mireal pada umumnya.

Dari sedikit penjelasan diatas bisa kita ketahui apa sih sebenarnya oli sintetik itu. Walaupun kurang detail saya menjelaskanya karena memang saya tidak ahli di bidang per olian hehe...namun setikdanya sedikit ulasan yang saya sampaikan diatas bisa memberikan sedikit gambaran mengenai jenis oli sintetik ini.

Jika anda memutuskan untuk menggunkan oli sintetik, sudah banyak sekarang jenis dan produknya yang dipasarkan di Indonesia salah satunys dari TOP 1, mereka mengklaim bahwa produk mereka sebagai TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia.

1 komentar: