Rabu, 17 Agustus 2011

Tips Merawat Mesin Motor 4 Tak


Apakah anda salah satu pengguna motor yang bermesin 4 tak ? sudah tahu bagaimana semestinya merawat mesin motor anda tersebut ? Jika sudah ya sudah heheh.. jika belum ya saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai perawatan yang utama dari mesin 4 tak tersebut. Ohya sebelum membahas lebih detail mengenai perawatan mesin 4 tak, sudahkah anda mencoba salah satu oli pelumas terbaik saat ini? TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia patut anda coba, k ualitas bersaing dan harga kompetitif. Oke Oke promosinya nanti saja, sekarang coba kita bahas mengenai tips perawatan mesin 4 tak

1.Cek Karburator Motor Anda
Pernah mengalami motor tersendat-sendat saat berjalan? gas kurang nyaman? nah mungkin itu bisa jadi karburator anda juga perlu sesekali dibersihkan, bisa jadi itulah salah satu penyebabnya. SIlahkan cek filter karburator motor anda, biasanya disemprot dengan kompresor dan dibersihkan sedikit dengan kuas kecil sudah beres. Karburator menjadi penting disini, maka dari itu cek dan periksalah secara berkala.


2. Cek dan Periksa Busi Motor Anda
Nah selain masalah karburator, busi yang sudah aus/lama dan sudah saatnya ganti bisa menjadi permasalahan di pembakaran. Biasanya kadang motor susah untuk dihidupkan karena proses pengapian yang kurang sempurna. Biasanya klo sudah mencapai 10-12ribu km sudah saatnya diganti tuh busi, kabel kabel koil yang ada disekitarnya jikasudah lecet silahkan ganti yang baru demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

3. Cek Setelan Rantai dan Gir
Untuk yang satu ini memang wajib juga diperiksa secara berkala, kondisi yang kurang pas bisa mengakibatkan ketidaknyamanan berkendara bahkan bisa menyebabkan kecelakaan apabila rantai lepas/putus dan nyelip di ban disaat kecepatan tinggi, maka berhati-hatilah dan periksa kondisi kelayakan dua hal tersebut. Untuk kendaraan matic biasanya diganti pas sudah mencapai 25rb km, konsultasikan ke bengkel resmi anda untuk lebih detailnya.

4. Periksa Kondisi Aki Motor Anda
Aki merupakan salah satu komponen pensupli arus listrik yang sangat penting di setiap kendaraan bermotor, sebaiknya juga dicek secara berkala untuk kelayakan pakainya. Aki motor sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu aki keirng dan aki basah, dan perawatanyapun berbeda. Aki kering biasanya tidak memerlukan perawatan khusus dan biasanya setiap 3 tahun harus diganti, berbeda dengan aki basah yang harus secara berkala di cek kodnisi air akinya, namun akan bisa awet jika kita hati-hati dan rutin merawatnya.

5. Cek dan Ganti Oli Mesin Anda

Nah untuk urusan yang satu ini tidak bisa dikompromi, karena merupakan komponen yang cukup vital peranannya untuk kesehatan mesin kendaraan motor anda. Cek dan Ganti secara berkala oli pelumas mesin motor anda, sebisa mungkin jangan smpai telat, karena fungsi oli pelumas disini sangat-sangat vital. Oli pelumas sendiri dibedakan menjadi 3 jenis diantaranya :
  • Oli Mineral
    Oli jenis ini dihasilkan dari pengolahan minyak bumi.   
  • Oli Semi Sintetik
    Oli yang kandungannya merupakan campuran dari oli mineral sekitar dan oli sintetik
  • Oli Sintetik
        Merupakan salah satu jenis oli buatan (menurut sejarahnya dikembangkan oleh Insinyur Jerman pada tahun 1940-an), diklaim bahwa oli ini sanggup melindungi mesin pada suhu yang extrem baik dingin ataupun suhu mesin yang relatif panas Proses pembuatannya sendiri menggunakan Fischer-Tropsch Process, yaitu melakukan katalisasi reaksi kimia, dimana merubah dari carbon monoksida dan hydrogen menjadi liquid hydrocarbons. Dan Untuk urusan Oli Sintetik di negeri ini ada salah satu oli yang patut untuk dicoba “ TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia “ sudah berpengalaman di bidang oli sintetik. produknya lumayan sudah cukup dikenal masyarakat luas, harga kompetitif dan kualitas bisa bersaing dengan kompetitor.

1 komentar: